” Sudah saatnya Pemda DKI menindak tegas kepada siapa saja yang masih membuang sampah ke kali atau bantarannya.. dengan ketentuan Perda No. 5 / 1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta ; ” ---> STOP NYAMPAH DI KALI... tabe'...

Monday, May 16, 2011

Pengurangan Sampah di Sumber ( 3 R )

Selain melakukan pengangkutan dan pengolahan sampah, Dinas Kebersihan DKI Jakarta juga memiliki tugas poko dan fungsi ( tupoksi ) untuk mengurangi timbulan sampah warga ibukota, sejak dari sumber sampah. Sat ini , terdapat 94 titik 3R ( reduse,reusu,recycle) yang tersebar di lima wilayah kota.

Melalui aktivitas ini dapat direduksi sampah sebanyak 752 meter kubik per hari ( setara dengan 167,11 ton per hari atau sekitar 3 persen dari timbulan samaph ). namun diakui berdasarkan hasil kajian oleh konsultan disimpulkan, pelaksanaan 3R di ibukota belum optimal. Hal ini lantaran peran serta masyarakat dan produsen sampah masih kurang." Untuk meningkatkan pengurangan sampah di sumber melalui aktivitas 3R, maka ke depan kami akan membangun sentra 3R di lima wilayah kota administratif", Tambah Eko Bharuna.
Dalam waktu dekat, masih kata Eko, akan dibuat percontohan sentra 3R di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan. Sentra akan dibangun di atas lahan milik Pemprov DKI Jakarta seluas 2,6 hektar. Selain itu, di salah satu sentra 3R akan dibangun juga pengolahan sampah dengan kapasitas sekitar 250 ton per hari menggunakan teknologi Integrated Dry Anaerobic Digestion and Composting yang dikerjasamakan dengan investor. “Perlu percontohan untuk pengurangan sampah di lokasi yang dikelola oleh pengembang, terutama di lahan fasos-fasumnya. Tahun 2011 akan dibuat percontohan pada kawasan PIK (Pantai Indah Kapuk) bekerja sama dengan Investor dan Yayasan Budha Tsu Chi,” terang Eko.      
Konsep Bank Sampah juga akan diterapkan di Jakarta. Bank sampah akan memotivasi masyarakat untuk memilah sampah sejak dari sumber.  “Pemerintah akan memberi insentif kepada setiap orang yang melakukan pemilahan sampah yang dapat didaur ulang,” katanya.

0 komentar: