” Sudah saatnya Pemda DKI menindak tegas kepada siapa saja yang masih membuang sampah ke kali atau bantarannya.. dengan ketentuan Perda No. 5 / 1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta ; ” ---> STOP NYAMPAH DI KALI... tabe'...

Thursday, June 11, 2015

Potensi Logam Emas Dari Limbah Elektronik

Potensi  Logam Emas Dari Limbah Elektronik

Sebuah konsekuensi dari  era digital yang semakin banyaknya  produk yang dihasilkan untuk mempermudah individu di semua tingkatan  baik dalam bekerja maupun berkomunikasi maka semakin banyak pula potensi sampah yang yang dihasilkan. Sampah-sampah yang dihasilkan itu dapat berasal dari sisa proses produk maupun berupa barang bekas pakai peralatan elektronik.

Kali ini akan dibahas tentang sampah yang merupakan barang bekas pakai peralatan elektronik  atau Limbah Elektronik. Banyak yang tidak mengetahui bahwa limbah elektronik  ini ternyata memiliki kandungan yang berharga yaitu emas dan perak.

Potensi  Logam Emas Dari Limbah Elektronik
Beberapa contoh rangkaian dari limbah elektronik bekas yang terdapat pada peralatan elektronik komputer maupun Handphone yang memiliki kandungan lapisan emas yaitu pada PCB komputer , PCB Handphone, Prosesor, Ram, Mother board/main board, hard disk , Soket – soket pada komputer, IC , kartu chip, memori dan masih banyak komponen lainnya yang memiliki kandungan emas, seperti pada panel-panel listrik, peralatan telekomunikasi dan beberapa perangkat elektronik lainnya.

Emas dan perak banyak dipergunakan dalam peralatan elektronik  karena memiliki sifat penghantar listrik yang sangat baik. Kedua logam ini banyak dipakai untuk melapisi konektor-konektor pada perangkat elektronik.

Logam emas lebih sering dipilih untuk melapisi bagian-bagian tertentu dari komponen elektronika seperti processor, finger, konektor, relay dan lain sebagainya. beberapa bagian dari komponen-komponen yang disebutkan di atas memang harus dibuat dengan logam emas karena hanya logam emaslah yang mampu menghantarkan arus listrik nyaris tanpa hambatan atau disebut juga zero resistensi.

Potensi  Logam Emas Dari Limbah Elektronik memang masih sangat besar, berdasarkan pengalaman Yokohama Metal Co Ltd, sebuah perusahaan pemulung mendapati kenyataan bahwa ponsel dan kartu SIM merupakan tambang emas yang benar-benar luar biasa besar.
Jika di tambang emas konvensional dari satu ton material yang diambil dari perut bumi hanya didapat sekitar 5 gram emas maka potensi satu ton ponsel bekas yang dilebur bisa didapat 30 kali lipat, alias 150 gram emas. Bisa Rp 45 Juta Sebulan.

Oleh karena potensi yang besar itu tak mengherankan jika para perusahaan pemulung  emas dari Singapura, dan juga Jepang, berencana  masuk Indonesia untuk mengelola Potensi  Logam Emas Dari Limbah Elektronik  ini dengan membangun pabrik untuk melebur alat komunikasi tadi, menjaring emas, tembaga dan perak yang ada. 

0 komentar: