” Sudah saatnya Pemda DKI menindak tegas kepada siapa saja yang masih membuang sampah ke kali atau bantarannya.. dengan ketentuan Perda No. 5 / 1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta ; ” ---> STOP NYAMPAH DI KALI... tabe'...

Wednesday, June 10, 2015

PemProv DKI Jakarta Bekerja Sama Dengan Kodam Jaya Membersihkan Sungai Ciliwung

Setelah beberapa program yang telah dijalankan dalam rangka menangani sampah yang ada di Sungai Ciliwung belum memberikan hasil maksimal dalam mengantisipasi banjir yang kerap melanda Jakarta, akhirnya PemProv DKI Jakarta bekerja sama dengan Kodam Jaya untuk membersihkan sampah di sepanjang daerah aliran Sungai Ciliwung.

PemProv DKI Jakarta Bekerja Sama Dengan Kodam Jaya Membersihkan Sungai Ciliwung
Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, dengan pembersihan Sungai Ciliwung oleh Kodam Jaya yang memiliki kinerja bagus musibah banjir akan sedikit tertanggulangi. Sebab, aliran air sungai bisa lebih lancar.

"Tentara kan sudah biasa perang, kalau dikerjakan keroyokan hasil kerjanya bagus banget, rapi banget. Jadi kalau kayak film-film perang langsung dibagi kan, pleton ini tunggu ini, jalan ini dijaga, sama. Kita pengin keroyok Ciliwung," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (28/11/2014).

"Tentara itu kerjanya baik, mana yang harus dibuat langsung dikerjakan, tidak perlu diajarkan lagi. Kayak perang aja, tapi perang sampah sekarang. Bersihkan sampah, rapikan bantaran sungai. Kita siapkan dana hibah, mereka yang kerjakan," tutur Ahok.

Dana hibah yang akan diberikan PemProv DKI Jakarta sebesar Rp 100 miliar kepada  Kodam Jaya akan digunakan untuk Membersihkan Sungai Ciliwung dari sampah dan membangun sarana dan prasarana di dekat Kali Ciliwung seperti membuat dermaga, membeli perahu, dan pembuatan jogging track. 

"(Dana hibah) Kita tunggu APBD, kita mau mulai Desember, dikeluarkan dulu dananya dari SKPD yang lalu. Atau dana operasional saya, supaya bisa mulai Desember. Kan Januari mau ujan besar," tuturnya.

Sementara itu Kepala Staf Kodam (Kasdam) Jaya Brigadir Jendral TNI Teddy Lhaksmana menyambut baik kerjasama itu. Menurutnya lingkungan di Kali Ciliwung merupakan tanggung jawab dari Kodam Jaya.

"Ini sebagai kegiatan teritorial, karya bakti dan kepedulian kita pada lingkungan bersama pemda. Yang bisa diselaraskan, kita akan segera selaraskan," ungkapnya.
 
Setidaknya ada 1.155 personel akan diterjunkan dalam membersihkan sampah di sepanjang Kali Ciliwung. Selain itu, masyarakat juga akan dilibatkan dalam kerja membersihkan sampah itu sehingga total kekuatan sekitar 2.000 orang," tuturnya.

PemProv DKI Jakarta Bekerja Sama Dengan Kodam Jaya Membersihkan Sungai Ciliwung