” Sudah saatnya Pemda DKI menindak tegas kepada siapa saja yang masih membuang sampah ke kali atau bantarannya.. dengan ketentuan Perda No. 5 / 1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta ; ” ---> STOP NYAMPAH DI KALI... tabe'...

Sunday, December 23, 2012

8 Komponen Untuk Menjadi Kota Hijau

Komponen Untuk menjadi Kota Hijau

Apakah kota Jakarta layak mendapatkan predikat sebagai kota hijau atau Green City saat ini?
Dengan melihat kondisi sehari-hari di Jakarta terlebih melihat permasalahan yang sedang terjadi saat ini yaitu banjir dan kemacetan yang akut serta membandingkan dengan komponen kota hijau di bawah ini, Anda pasti dapat memberikan penilaian terhadap kota Jakarta.
  1. Green Planning & Design, Perencanaan dan Perancangan yang sensitif terhadap agenda hijau
  2. Green OPen Space, Perwujudan kwalitas, kwantitas dan jejaring ruang terbuka hijau
  3. Green Community, Peningkatan kepekaan, kepedulian dan peran serta aktif masyarakat dalam pengembangan komponen kota hijau
  4. Green Building, penerapan bangunan ramah lingkungan ( hemat air, hemat energi, stukuktur bangunan yang ramah ramah lingkungan )
  5. Green Waste, Penerapan prinsip 3R yaitu: mengurangi sampah / limbah, mengembangkan proses daur ulang dan meningkatkan nilai tambah terhadap limbah )
  6. Green Energi, Pemanfaatan sumber energi yang efisien dan ramah lingkungan
  7. Green Water, Peningkatan efesiensi pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya air
  8. Green Transportation, Pengembangan sistem transportasi yang berkelanjutan, misalnya penataan transportasi publik dengan  kendaraan berbahan bakar  ramah lingkungan, tersedianya jalur sepeda
Dengan mengetahui 8 komponen diatas tentu Anda sekarang dapat menilai kebijakan dan langkah yang dilakukan oleh pemda Jakarta, apakah kebijakan tersebut ramah lingkungan tidak?.
Dan yang terpenting adalah dengan mengetahui 8 komponen untuk menjadi kota hijau Anda dapat berperan serta menjadikan kota Jakarta menjadi Kota Hijau atau Jakarta the Green City di masa depan, dengan menerapkan komponen - komponen diatas.
ATAU mungkin saat ini Anda sudah menjadi "the Greeners" ? salam :) keep care to share