” Sudah saatnya Pemda DKI menindak tegas kepada siapa saja yang masih membuang sampah ke kali atau bantarannya.. dengan ketentuan Perda No. 5 / 1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta ; ” ---> STOP NYAMPAH DI KALI... tabe'...

Monday, May 23, 2011

Lajur Khusus Sepeda di Jakarta Diresmikan

Lajur Khusus Sepeda di Jakarta Diresmikan
Setelah selama tiga tahun melihat perkembangan pengguna sepeda di Jakarta begitu luar biasa dan banyak komunitas sepeda yang berkembang, akhirnya Fauzi Bowo memenuhi janjinya untuk memfasilitasi pwmbuatan jalur khusus sepeda di Jakarta. Hari minggu, 22 mei 2011 di Taman Ayodya, Kebayoranbaru, Jakarta Selatan Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo meresmikan lajur sepeda sepanjang 1,4 kilometer yang terbentang dari Taman Ayodya hingga Melawai, Kebayoran Baru. Lajur yang diresmikan ini merupakan yang pertama di Kota Jakarta.

Jakarta Bicycle Track
Mengutip pernyataan Ketua Umum Komite Sepeda Indonesia ( KSI ), Syahrul Effendi, bahwa peresmian lajur sepeda ini sesuai dengan janji Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo yang diungkapkan tiga tahun yang lalu. " Pak Gubernur berjanji, jika sudah banyak jumlah pesepeda, beliau akan memfasilitasinya dengan pembuatan jalur sepeda, dan janji itu sudah dibuktikannya.

Pembangunan lajur sepeda ini dibuat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur DKI Jakarta No 680 Tahun 2011 tentang Penetapan Lajur Sepeda dari Jl Mahakam (Taman Ayodya) – Jl Prapanca. Namun, pembangunannya dibagi dalam dua tahap yakni, Jl Mahakam (Taman Ayodya) – Jl Prapanca untuk tahap pertama dan Jl Iskandarsyah – Jl Prapanca untuk tahap kedua di mana pembangunannya akan dibuat setelah proyek pembangunan jalan layang non tol (JLNT) Antasari – Blok M rampung

Lajur sepeda ini akan diberi karpet hijau bergambar sepeda untuk memisahkan dengan pengguna jalan lainnya, selain itu juga akan dilengkapi dengan rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan, seperti lajur khusus bus Transjakarta. Ke depan, dikatakan Fauzi Bowo, tidak hanya lajur sepeda saja, namun parkir khusus sepeda dan posko terpadu juga akan disediakan di sekitar Jl Mahakam. Posko terpadu berfungsi untuk menjaga agar lajur sepeda ini tidak digunakan oleh kendaraan lain, hal ini merupakan hasil kerjasama antara Polda Metro Jaya, Satpol PP dan Komite Sepeda Indonesia  (KSI) .

Dalam kesempatan tersebut Bang Fauzi juga mengimbau kepada pengguna jalan lain agar mematuhi rambu-rambu lalu lintas sehingga dapat tercipta tertib berlalulintas.   . "Bagi pengendara lain diimbau mempunyai toleransi kepada yang bersepeda. Saling mendukung bersinergi dalam berlalu lintas di ibu kota ini," pintanya.

Pihaknya juga akan mengembangkan di wilayah lain, seperti di sekitar Banjir Kanal Timur (BKT), "Tentunya tidak berhenti di sini saja, melihat komunitas sepeda makin berkembang, Jika ada yang pertama, pasti ada yang kedua, ketiga dan seterusnya," ungkap Bang Fauzi, sapaan akrab Fauzi Bowo.

Sekitar 5.000 pesepeda berbagai komunitas seperti, Goes To School dan Bike To Work, ikut memeriahkan dan melakukan ujicoba jalur sepeda pertama di Ibukota  ini . Turut hadir dalam peresmian lajur ini, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina KSI, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta, Fadjar Panjaitan, serta Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Royke Lumowa.

0 komentar: