” Sudah saatnya Pemda DKI menindak tegas kepada siapa saja yang masih membuang sampah ke kali atau bantarannya.. dengan ketentuan Perda No. 5 / 1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta ; ” ---> STOP NYAMPAH DI KALI... tabe'...

Friday, May 13, 2011

Jakarta Rescue : Loyalitas Tanpa batas, Selamatkan Sesama

Pepatah mengatakan " Tak Kenal maka Tak Sayang". Dari seorang teman kami mengetahui tentang Jakarta Rescue, hampir setahun yang lalu ketika berupaya mencari perahu karet utuk melakukan pendataan lokasi sampah di sepanjang sungai ciliwung yang melintasi kota Jakarta.
Namun baru kali ini kami mengetahui secara lebih jauh mengenai Jakarta Rescue melalui website resmi organisasi yang bergerak dibidang sosial ini.
...SALUT untuk Abang-abang kite di Jakarta Rescue. 
Berikut sekilas profile yang kami salin dari website Jakarta Rescue, m
udah-mudahan kita dapat tergugah dan terpacu untuk terus peduli setelah membaca dan mengetahui k
iprah dan kegiatan mereka.
Loyalitas Tanpa Batas
JAKARTA RESCUE
“Selamatkan Sesama”


Jakarta Rescue merupakan organisasi kemanusiaan bersifat mandiri yang bergerak dalam bidang kemanusiaan;bencana sosial maupun alam; dengan fokus memberdayakan masyarakat dan pemuda seluruh Indonesia melalui pelatihan WATER RESCUE, JUNGLE RESUE & MEDICAL EMERGENCY RESCUE.
Moto : LOYALITAS TANPA BATAS, SELAMATKAN SESAMA.

Sekilas

JAKARTA RESCUE adalah organisasi sosial kemanusiaan yang didirikan pada tanggal 28 Juni 1986 oleh Bpk. R. Hadianto Warjaman, SH dan dikukuhkan oleh Ketua PMI Jakarta Bpk. Moh. Muas, SMHK dengan tujuan menggalang seluruh lapisan masyarakat Jakarta khususnya elemen pemuda, mahasiswa dan pelajar untuk peduli kepada bidang-bidang kemanusiaan dalam rangka mengantisipasi berbagai bentuk bencana alam yang melanda kota Jakarta.
Dalam perjalanannya, Jakarta Rescue telah berperan serta pada kegiatan kemanusiaan diantaranya bencana alam Gunung Galunggung, misi kemanusiaan Timor-Timur, banjir dan gempa di Flores, gempa Liwa, banjir Jakarta 2002, tsunami Aceh, gempa Jogyakarta, tsunami Pangandaran, banjir Jakarta 2007 dan longsor di Babakan Madang, Sentul Selatan. Bencana longsor sulawesi, gempa bengkulu, erupsi gunung kelud, banjir jakarta 2008
Pada kurun waktu 2006, Jakarta Rescue menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan penyelamatan air, laut, dan gunung tanpa dipungut biaya (gratis) sebanyak 250 personil meliputi instansi TNI, POLRI, sipil, dan penyelamat pantai (Balawista) dan 400 anggota Satpol PP Linmas DKI Jakarta.
Program ini akan dikembangkan terus pada tahun-tahun mendatang sesuai dengan moto ”Selamatkan Sesama”.

VISI, MISI dan PARADIGMA
  • a. Visi  :  Visi Jakarta Rescue adalah Loyalitas Tanpa batas Selamatkan Sesama
  • b. Misi :  Misi Jakarta Rescue adalah melahirkan manusia Indonesia peduli kemanusiaan.
  • c.Paradigma  :  Mewujudkan visi dan misi Jakarta Rescue merupakan tugas dan tanggung jawab seluruh jajaran Jakarta Rescue dan dalam pelaksanaan tugasnya mengacu pada perilaku Loyalitas Tanpa Batas Selamatkan Sesama secara professional.
FUNGSI
Jakarta Rescue adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bersifat mandiri dan mempunyai fungsi sebagai berikut:
  • a.Bekerjasama dengan berbagai instansi baik pemerintah, maupun swasta asing dalam rangka membantu program pengendalian bencana alam
  • b.Sebagai mitra kerja strategis pemerintah DKI Jakarta dalam rangka membantu program pengendalian bencana alam
  • c. Sebagai konsultan penanggulangan bencana alam
TUGAS & TANGGUNG JAWAB
Tugas dan tanggung jawab Jakarta Rescue adalah:
  • a. Melaksanakan kegiatan kemanusiaan secara mandiri di seluruh wilayah Republik Indonesia
  • b. Melakukan kegiatan upaya penanggulangan bencana alam diseluruh wilayah Republik Indonesia
  • c. Melakukan program pendidikan dan latihan pencarian dan penyelamatan (Search And Rescue)
STANDAR OPERASIONAL
Dalam pelaksanaan kegiatannya, Jakarta Rescue mengacu pada standar nasional dan internasional yang meliputi penyelamatan air, laut, dan darat termasuk penggunaan alat darurat serta pertolongan pertama pada kondisi bencana terutama Basic Life Support.        

ETIKA 
Organisasi Jakarta Rescue dijalankan berdasarkan pada prinsip-prinsip etika yang dianut sesuai nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Sekertariat :
Jl. Setu Babakan No.25A Srengseng Sawah Jagakarsa Jak Sel 12640

Untuk lebih lengkap Klik :   JAKARTA RESCUE...atau go to: http://www.jakartarescue.org

0 komentar: