” Sudah saatnya Pemda DKI menindak tegas kepada siapa saja yang masih membuang sampah ke kali atau bantarannya.. dengan ketentuan Perda No. 5 / 1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta ; ” ---> STOP NYAMPAH DI KALI... tabe'...

Monday, May 30, 2011

Panduan Kegiatan Ekowisata

Banyak pihak yang terkait dengan kegiatan ekowisata, dan mereaka telah memberikan definisi tersendiri mengenai kegiatan tersebut. Oleh sebab itu terdapat beberapa pengertian mengenai ekowisata yang memiliki perbedaan. Perbedaan ini timbul karena latarbelakang dan kepentingan yang berbeda dalam menjalankan kegiatan ekowisata ini.

Para pakar lingkungan dan aktivis organisasi lingkungan memahami bahwa kegiatan ekowisata adalah sebagai sarana untuk melakukan konservasi lingkungan, lembaga donor internasional memandang sebagai alat untuk melakukan pembangunan yang berkelanjutan.

Sementara dari sisi pemerintahan, negara-negara berkembang berharap dengan ekowisata ini dapat mendatangkan turis mancanegara yang memiliki kepedulian terhadap isu-isu lingkungan, senada dengan hal ini para pelaku industri pariwisata melihat kegiatan ekowisata sebagai alat pemasaran untuk menarik pengunjung ke lokasi wisata mereka.
Berikut beberapa definisi kegiatan ekowisata :

Agar kegiatan ekowisata ini dapat berjalan dan mencapai tujuan utamanya serta untuk mengakomodasi kepentingan-kepentingan para pihak yang terlibat di dalamnya, telah diambi beberapa konsensus mengenai kaidah-kaidah untuk memberikan definisi dan panduan kegiatan ekowisata ini.
  • Kegiatan berlangsung di daerah alam bebas
  • Meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan alam
  • Mendukung perlindungan daerah alam setempat
  • Mempunyai manfaat bagi masyarakat setempat 
  • Menghormati budaya dan nilai-nilai masyarakat lokal
  • Ditujukan untuk meningkatkan kesadaran terhadap pelestarian lingkungan dan alam 
Mari berwisata, belajar dan peduli dengan lingkungan
untuk Kampanye Pemulihan 
kondisi Sungai Ciliwung melalui Ekowisata
Facebook Dukung sungai Ciliwung
 sebagai Kawasan Ekowisata


0 komentar: