” Sudah saatnya Pemda DKI menindak tegas kepada siapa saja yang masih membuang sampah ke kali atau bantarannya.. dengan ketentuan Perda No. 5 / 1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI Jakarta ; ” ---> STOP NYAMPAH DI KALI... tabe'...

Friday, May 13, 2011

Museum di Jakarta

Diantara banyak tempat menarik di Jakarta yang dapat Anda kunjungi selain tempat wisata dan pusat perbelanjaan adalah Museum. Ada bebarapa museum yang berlokasi di Jakarta mulai dari museum peninggalan masa lampau, mesuem tentang kebudayaan maupun meusem tentang perjuangan bangsa Indonesia.
Berikut beberapa museum di Jakarta:

  • 1. Taman Mini Indonesia Indah, adalah mesum terbesar yang menyajikan replika rumah adat  dan lebih dari 250 kebudayaan dari seluruh provinsi yang berada di Indonesia. Selain itu anda juga bisa menyaksikan berbagai jenis film dengan tampilan 4D di Teater IMAX Keong Emas. 
  • 2. Gedung Kesenian Jakarta . Gedung dari era neo-renaissance yang telah dipugar adalahi salah satu gedung tua yang dilestarikan oleh PemProv Jakarta. Menampilan karya seni dan budaya di gedung kesenian ini bahkan  menjadi  kebanggaan tersendiri bagi seniman Jakarta dan seniman Indonesia. 
  • 3. Museum Nasional, Museum dengan  koleksi artefak prasejarah, etnografi dan arkeologi, termasuk salah satu koleksi terbesar di dunia keramik Asia Tenggara dan seni Hindu Jawa.
  • 4. Monas (Monumen Nasional). Sebuah tempat yang paling dikenal di Jakarta, Monumen dengan tinggi 137 meter ini terletak di pusat Taman Merdeka (Kebebasan) persegi. Dari dek observasi di puncak Monas, Anda dapat melihat pemandangan sekitar kota jakarta. Sementara di ruang bawah tanah terdapat diorama yang menggambarkan cerita dramatis sejarah Indonesia. Tiket masuk Rp 2.500, tiket ke puncak Monas, Rp 7.500. 
  • 5. Museum Tekstil, Museum ini menampung sebuah koleksi besar tekstil terkait dengan praktik-praktik keagamaan dan sosial dari pulau-pulau utama di Nusantara, termasuk batik, tenun ikat dan kain ulos. 
  • 6. Gedung Proklamasi. Situs sejarah kemerdekaan Indonesia, di mana pada tanggal 17 Agustus 1945 Soekarno-Hatta (Presiden pertama Indonesia dan Wakil Presiden) menyatakan kemerdekaan bangsa Indonesia. 
  • 7. Lubang Buaya, Sebuah situs tempat berawal dan berakhirnya suatu kudeta yang diduga dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia. Ditempat ini ditemukan tubuh para jenderal yang telah diculik dan disiksa sampai meninggal.  
  • 8. Museum Wayang. Museum yang  didedikasikan untuk khusus untuk kesenian pertunjukan boneka tradisional yang paling terkenal di Indonesia. Di museum ini diadakan pertunjukan wayang pada setiap hari Minggu di 10:00. 
  • 9. Museum Adam Malik, Sebuah museum kecil yang didedikasikan kepada Bapak Adam Malik, seorang tokoh terkenal yang mewakili Indonesia di PBB, di antara banyak prestasi yang lain, termasuk sebagai menteri luar negeri Indonesia. 
  • 10. Museum Bahari : Terletak di muara sungai Ciliwung, diantara pasar yang sibuk dengan kegiatan yang berhubungan dengan laut, Museum Bahari terletak di pelabuhan, di gudang Belanda yang telah dipugar yangg dahulu digunakan  sebagai pos perdagangan oleh VOC.
  • 11. Museum Bank Mandiri, Terletak di kawasan Kota Tua di seberang Terminal Utara Koridor 1  Busway dan Stasiun Kota. Melihat sejarah perbankan di era kolonial Belanda,termasuk bagian sejarah tentang bagaimana Belanda membuat pemisahan layanan bank berdasarkan etnis dan ras. Juga disajikan  sejarah pendirian dan perkembangan Bank Mandiri.  


0 komentar: